Selasa, 30 Oktober 2012

Binatang Yang Terancam Punah Akibat Kesalahannya Sendiri


Binatang seperti Panda, Badak Putih hingga gorila gunung berusaha keras untuk mempertahankan spesies mereka melalui reproduksi. Tapi dibalik semua itu, rupanya ada satu spesies hewan yang benar-benar payah dalam menjaga populasi bangsanya, dialah Kakapo.


Kakapo merupakan spesies binatang dari keluarga parrot (kakatua). Binatang ini merupakan spesies asli Selandia Baru. Sayangnya, binatang eksosits ini terancam punah. Menurut catatan, kini hanya ada sekitar 124 ekor yang masih hidup di alam liar.

Yang menarik, ancaman kepunahan itu bukan disebabkan oleh aktivitas perburuan manusia atau pengrusakan habitat mereka di hutan, melainkan disebabkan oleh diri mereka sendiri.

Ya, faktanya Kakapo ternyata sangat kesulitan untuk melakukan reproduksi. Bahkan spesies ini mungkin menjadi satu-satunya hewan yang sangat tidak tertarik dengan perkawinan.

Walau usia mereka bisa mencapai 90 tahun, namun keinginan reproduksi dari para betina yang hanya terjadi selama satu kali dalam dua tahun, tentu saja membuat para pejantan frustasi. Dan yang membuat kondisi itu semakin parah, kebanyakan Kakapo yang ada saat ini berjenis kelamin jantan sehingga persaingan untuk mendapatkan betina menjadi sangat sulit.

Terlepas dari kesulitan reproduksi yang dialami, ancaman kepunahan binatang ini juga datang dari para predator. Lucunya, sang pejantan sering kali tidak bisa membedakan antara binatang sejenis mereka dengan binatang pemangsa.

Saat berada dalam ancaman, bintang ini juga sering lupa jika mereka tidak bisa terbang, makanya tidak heran jika mereka sering terjatuh saat melarikan diri di dahan yang tinggi. Tidak hanya itu, mereka juga hanya memakan buah dari pohon Rimu yang hanya berbuah satu kali dalam empat tahun.

Meski memiliki banyak 'kekurangan', Kakapo masih memiliki beberapa skill yang bisa mereka banggakan. Sebagai contohnya, saat terancam, tidak sedikit pula dari mereka yang pintar dengan berpura-pura kaku seperti hewan mati.

Di lain waktu, mereka juga bisa menaiki pohon yang tinggi dengan mudah. Dan jika anda benar-benar beruntung, binatang ini akan bersikap sangat ramah kepada manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar